Info Jadwal Pendaftaran dan Biaya Kuliah Karyawan ITB Ahmad Dahlan Jakarta

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut ITB Ahmad Dahlan Jakarta menyelenggarakan Program Kuliah Entrepreneur / Karyawan, Kuliah Daring / Online / Blended ini sekaligus melaksanakan komitmen sosial. Yaitu dengan memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat lulusan SMA, SMK, D1, D2, D3, Politeknik, S1, dsb-nya; baik yang memiliki waktu luang terbatas maupun dana terbatas, untuk melanjutkan pendidikan (atau pindah jurusan) ke jenjang Sarjana (S-1) atau Magister (S-2) pada program studi yang diminati, secara layak dan bermutu sesuai keunggulan ITB Ahmad Dahlan Jakarta.

Biaya pendidikannya disubsidi sehingga terjangkau masyarakat, juga diberikan fasilitas kredit biaya pendidikan tanpa bunga dan tanpa agunan sehingga dapat diangsur bulanan sesuai kemampuan mahasiswa.

Sistem pendidikannya dilaksanakan secara profesional dan sangat sesuai bagi karyawan yang sibuk dengan pekerjaannya maupun bagi yang bukan karyawan. Selain kuliah tatap muka, juga memanfaatkan berbagai metode efektif melalui tugas perorangan terarah, tugas kelompok yang komunikatif, dan diakhiri dengan bimbingan pengerjaan skripsi (S1) / tugas akhir / tesis (S2) yang terarah, terprogram dan terjadwal sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat pada waktunya.

Lulusan Program S1 dan S2 Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta dipersiapkan menjadi Sarjana (S1) dan Magister/Master (S2) sesuai dengan jurusan/program studinya, yang dapat mengembangkan jati dirinya dengan bekal ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, sehingga mampu menyelesaikan/memecahkan persoalan sekaligus mengembangkan ilmunya.
Serta memiliki kemampuan penguasaan teori yang kuat sekaligus aplikasinya, dan kemampuan profesional serta cara pandang yang komprehensif; mengembangkan sikap mental profesional yang berorientasi pada pemecahan masalah berdasarkan alur berpikir-sistem; mampu mengembangkan kajian-kajian teoritis konsepsional terkini; memiliki kemampuan melakukan berbagai penelitian dasar maupun terapan;

Baca Juga:   Biaya Kuliah International Golden Institute IGI (STIE IGI) Jakarta Tahun Ajaran 2021/2022

Lulusannya juga dibekali dengan pengetahuan, etika akademik dan profesi, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola tim/organisasi secara komprehensif dalam bidang yang sesuai dengan bidang ilmunya; kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan sesuai bidang ilmunya, sekaligus dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kebutuhannya.

Mahasiswa dan Lulusan Program Kuliah Karyawan maupun Program Reguler ITB Ahmad Dahlan Jakarta, mempunyai hak akademik, gelar, dan ijazah yang sama, serta mempunyai HAK untuk menggunakan gelarnya dan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pendaftaran Calon Mahasiswa S1 & S2

Program Perkuliahan Pegawai (Perkuliahan Daring / Blended)
Semester Ganjil Tahun 2021/2022
1. Untuk seluruh lulusan SMA/SMK, D1, D2, D3/Politeknik/Akademi, S1 dsb meneruskan pendidikan tinggi ke Sarjana / S-1 atau pindah prodi.
2. Diadakan untuk seluruh lulusan S1/sederajat dari berbagai bidang ilmu meningkatkan pendidikannya ke Program Magister Keuangan Syariah (MKS, S2).

Gelombang I = 1 Maret – 3 Mei 2021
Gelombang II = 4 Mei – 5 Juli 2021
Gelombang III = 6 Juli – 5 September 2021

Awal Kuliah = Sabtu, 11 September 2021

Catatan Penting : andaikan daya tampung sudah memenuhi maka penerimaan calon mhs baru semester ini langsung ditutup, serta penerimaan calon mhs baru semester berikutnya langsung dibuka.

Biaya Pendaftaran Calon Mahasiswa = Rp 200.000,-
Penerimaan Mhs Baru dibuka setiap hari: Senin s/d Minggu Jam 09.00 – 17.00
Pendaftaran bisa via Internet atau via Pendaftaran online atau bisa via POS, Telp, Fax, surat, atau bisa dilaksanakan langsung di Kampus ITB Ahmad Dahlan Jakarta (Sekretariat P2K) atau diwakilkan.
Baca Juga:   Biaya Kuliah Universitas PGRI (UPGRIS) Semarang Tahun Ajaran 2021/2022

Pada prinsipnya Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta adalah milik masyarakat yang senantiasa mengutamakan kualitas pendidikan tingginya.

Walaupun demikian, ITB Ahmad Dahlan Jakarta sebagai Perguruan Tinggi Terkemuka dan Terakreditasi ini tetap memiliki KOMITMEN SOSIAL. Antara lain membantu calon mahasiswa dalam membayar biaya pendidikannya dengan memberikan fasilitas kredit biaya pendidikan tanpa bunga, sehingga biaya pendidikannya dapat diangsur sesuai kemampuan calon mahasiswa. Selain itu juga memberikan beasiswa langsung kepada yang benar-benar kurang mampu secara finansial.

ITB Ahmad Dahlan Jakarta membuat biaya pendidikannya hanya terdiri dari 2 komponen saja, yaitu :

1. Sumbangan Pengembangan (SPb) atau Uang Pangkal

Sumbangan Pengembangan ini dapat diangsur sesuai masa studinya, yaitu dapat diangsur sampai :
» 46 kali untuk lulusan SMA, SMK, D1, D2, sederajat melanjutkan ke S1
» 18 kali untuk lulusan D3/sederajat melanjutkan ke S1
Dengan
» pembayaran minimal pertama = Rp 100.000 untuk melanjutkan ke S1
Dan sisanya dijadwalkan sendiri sesuai tabel angsuran di bawah ini.

Baca Juga:   Informasi Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna Jakarta (STT Sapta Taruna) TA. 2021/2022

Namun demikian, khusus bagi yang benar-benar kesulitan dalam hal finansial, dapat membuat tabel angsurannya sendiri sesuai dengan kemampuan finansialnya, atau meminta beasiswa (keringanan biaya).

2. Sumbangan Pendidikan Persemester (SPP)

Dalam SPP ini sudah termasuk BPP Pokok, uang SKS, uang ujian, setiap semesternya. Berapapun jumlah SKS yang diambil dalam suatu semester, SPP nya tidak berubah.
Biaya SPP belum termasuk biaya praktikum
SPP ini setiap semesternya dapat diangsur beberapa kali, yaitu maksimal diangsur 6 kali (1 semester = 6 bulan) dengan
» pembayaran minimal pertama = Rp 1.200.000 untuk melanjutkan ke S1.
Dan sisanya dijadwalkan sendiri sesuai tabel angsuran di bawah ini.

Namun demikian, khusus bagi yang benar-benar kesulitan dalam hal finansial, dapat membuat tabel angsurannya sendiri sesuai dengan kemampuan finansialnya, atau meminta beasiswa (keringanan biaya).

Total Pembayaran Pertama = SPb ke 1 + SPP ke 1 + Jaket Almamater dan lain-lain

» Rp (100.000 + 1.200.000 + 150.000) = Rp 1.450.000 untuk melanjutkan ke S1. Dan Sisanya diangsur dengan angsuran